Rangka Baja Ringan

Info lengkap Harga/Biaya Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan Semarang yang bagus dan murah serta memiliki banyak sekali portofolio jasa pemasangan rangka atap baja ringan di kota semarang, demak, kudus, pati, jepara, kendal, kaliwungu, weleri, pekalongan, ungaran, ambarawa, salatiga dan sekitarnya. untuk jasa yang kami tawarkan adalah borongan atau beli bahan ataupun juga hanya aplikator saja bisa.

Rencana Atap yang digunakan adalah atap metal, metal pasir, genteng tanah liat, genteng mantili, genteng asbes, spandek galvalum, genteng beton flat, genteng beton gelombang, genteng beton cor, genteng cisangkan, genteng morando, genteng soka, genteng keramik, genteng kaca, genteng sirap, genteng aspal

Merk baja ringan kanal c yang akan di pakai meliputi Baja Ringan TASO, baja ringan kencana, baja ringan ST, baja ringan bluescoop, baja ringan smartruss, baja ringan giga steel, baja ringan JSP, baja ringan CBM, baja ringan K-steel, Baja ringan canal steel, baja ringan steel truss, baja ringan cremona truss, baja ringan sakti truss

Aspek yang harus diperhatikan

Merk

Sudah menjadi rahasia umum, pasar selalu menawarkan pilihan aneka ragam merk dengan harga dan kualitas berbeda, pemilihan yang tepat terhadap merk baja adalah kunci awal kesuksesan anda tidak peduli apakah harga atap baja yang ditawarkan ringan, murah atau mahal sekalipun. Usahakan menggunakan merek yang benar – benar terpercaya serta sudah dibuktikan oleh orang lain (pernah digunakan) sehingga kualitasnya benar – benar telah teruji langsung.

Elastisitas

Salah satu ciri baja yang bagus ialah ringan, tidak terlalu keras dan tidak terlalu lentur (lembek) sebaiknya anda periksa dulu tingkat elastisitas baja yang akan digunakan dengan cara dipegang langsung dan sedikit dilengkungkan atau dibengkokan menggunakan tangan. Dalam hal ini tukang pasang biasa melakukannya sekedar untuk mengetahui keunggulan baja yang akan dipasang.

Thickness

Setiap baja memiliki ketebalan atau thickness yang berbeda yang akan berpengaruh terhadap kekuatan. Secara default garis ketebalan berdasarkan SNI (standard nasional indonesia) ialah 0.75 mm supaya lebih akurat bisa diukur sendiri ketebalannya menggunakan alat pengukur mikro meter, sebenarnya hal ini tidak perlu dilakukan karena setiap batang baja biasanya terdapat segel merek serta logo sni yang akan mencantumkan berapa ukuran ketebalan baja tersebut, namun untuk jaga – jaga aau sekedar membuktikan tidak ada salahnya coba cek sendiri siapa tau hasilnya melenceng menjadi 0,55 seperti halnya diameter batang besi bangunan untuk saat ini sudah banyak dimanipulasi oleh pihak pabrikan

Jenis

Di Indonesia pada umumnya terdapat dua jenis baja ringan yaitu :

  • Galvanize
  • Zincalume

Anda harus pandai memilah antara kedua jenis baja dengan bahan yang berbeda ini meski keduanya sama sama ringan. Hingga saat ini zincalume dipercaya memiliki kualitas terbaik dengan komposisi berikut : 1,5 % silicon + 43,5 zinc + 55% Alumunium. So tunggu apalagi pilihlah jenis terbaik untuk kualitas yang berbeda. Soal harga dan merk boleh berbeda tapi usahakanlah memilih jenis baja seperti ketentuan diatas.

Garansi Produk

Baja yang baik selalu menyediakan garansi produk, pilihlah yang ada garansinya untuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan usahakan mendapatkan garansi dengan jangka waktu yang lebih lama.

Teknik Pemasangan

Setelah membaca seluruh tips diatas maka langkah terakhir adalah bagaimana teknik cara memasang baja ringan untuk atap rumah terbaik idaman anda? semua tips diatas tidak akan berguna tanpa menggunakan jurus pamungkas ini. Dalam memasang rangka baja ringan tidaklah mudah diperlukan teknik, keahlian serta pengalaman yang tidak sembarangan, dalam hal ini silahkan untuk berkonsultasi gratis kepada cv. bunder jaya purwakarta untuk menggunakan jasa pasang atap baja ringan murah karena tidak bisa dilakukan sendiri melainkan harus menggunakan tenaga ahli professional.

Pertimbangan Utama

Ada beberapa pertimbangan utama yang harus difahami dalam mengaplikasikan kerangka baja pada atap rumah :

 Standard jarak kuda kuda maksimal 120 cm (maksimal) tidak boleh lebih jika memungkinkan lebih rapat maka akan jauh lebih baik.

 Jarak web standardnya ialah 150 cm (maksimal) tidak boleh lebih karena jarak akan mempengaruhi kekuatan kaki kaki yang berfungsi sebagai penopang kuda kuda.

 Standard derajat kemiringan ialah 30 derajat untuk penggunaan genteng keramik morando ataupun beton, adapun untuk genteng jenis metal usahakan menggunakan kemiringan 25 derajat. Ukuran derajat kemiringan atap sangat erat kaitannya dengan kebocoran atap rumah seihingga harus benar benar menggunakan ukuran yang proporsional jangan sampai terlalu miring ataupun tegak.

Kuda kuda merupakan salah satu elemen terpenting dari struktur atap rumah baik menggunakan kayu, bambu, reng, kaso ataupun baja ringan. Fungsi utamanya ialah untuk menopang beban berat rangka pada bagian atas seperti penutup atap dan beban curah angin/hujan.

Penggunaan istilah dan harga kuda kuda sangat akrab bagi keseharian dunia tukang bangunan yang rata rata sudah menguasai cara mengukur jarak standar dan pemasangannya. Tidak hanya dalam dunia bangunan, istilah kuda kuda juga cukup terkenal dalam dunia persilatan sebagai dasar pertahanan yang cukup tangguh dan kokoh bagi pesilat. Berikut adalah beberapa fungsi utama pada kuda kuda atau truss

Iga iga atau kuda penopang sebagai penyalur gaya tekan

Ander atau tiang tengah berguna sebagai pendukung balok bubungan atau molo

Sebagai penahan gaya tarik kuda kuda pada balok dasar

Setelah memahami ketiga fungsi diatas kini saatnya belajar cara pemasangan dan mengukur sesuai dengan standarisasi ilmu bangunan yang benar. Adapun teknis yang akan dibahas kali ini lebih difokuskan pada pemasangan rangka atap baja ringan, berikut adalah beberapa saran yang harus diperhatikan sebelum pemasangan kuda kuda.

Truss (kuda kuda) harus dilengkapi angkur pada kedua tumpuannya terpasang dengan kuat serta stabil

Kuda kuda mengarah pada ringbalk dalam posisi tegak lurus

Pemasangan nok dan apex diatas harus sama rata

Hindari Deformasi atau perubahan bentuk akibat kesalahan teknis pekerjaan

Cek lapisan pelindung baja tidak boleh ada yang rusak

Sisi miring atap harus rata tidak boleh bergelombang